10 Temuan Terbaik Teknologi Mesin Otomotif
Membicarakan tentang temuan-temuan teknologi mesin otomotif memang tidak ada habisnya. Karena setiap pabrikan berlomba-lomba dalam menciptakan teknologi.
Tujuannya supaya mesin lebih ramah lingkungan, bertenaga tetapi tetap efisien.
Belum lagi ditambah perkembangan teknologi elektronika dan IT yang juga mempengaruhi pengembangan teknologi.
Selama saya bekerja di bengkel CBU Auto Service, saya melihat banyak sekali teknologi mesin dari bermacam-macam merk.
Dan semuanya memang luar biasa.
Mana yang menjadi temuan terbaik teknologi mesin otomotif?
Tentunya sangat sulit untuk menilainya. Hanya saja saya mencoba menuliskan beberapa teknologi mesin yang menurut saya terbaik
1. Mesin 4 Tak
Sebenarnya temuan teknologi mesin 4 Tak sudah sangat lama. Kurang lebih sudah 146 tahun yang lalu. Karena teknologi ini ditemukan tahun 1976 oleh Nikolas Otto
Pada waktu itu otto mematenkan teknologi mesin 4 Tak dan kemudian digunakan untuk mesin bensin. Itu sebabnya mesin bensin disebut juga sebagai mesin otto.
Bagaimana dengan mesin diesel?
Sama halnya dengan mesin bensin, mesin diesel yang beredar saat ini juga menggunakan prinsip mesin 4 tak atau 4 langkah. Tentunya dengan cara kerja yang berbeda.
Karena penerapan teknologi ini begitu banyak, saya rasa teknologi mesin ini bisa disebut sebagai salah satu teknologi terbaik.
Apakah anda setuju?
2. Teknologi forced induction
Forced induction ini adalah teknologi udara paksa.
Udara yang masuk kedalam silinder akan dipaksa supaya bisa memenuhi silinder dalam waktu yang singkat.
Teknologi yang digunakan kita kenal dengan turbocharger atau supercharger. Bahkan ada mobil yang menggunakan kedua teknologi tersebut.
Perbedaan dari kedua teknologi diatas terletak pada sumber tenagannya. Turbocharger bekerja dengan memanfaatkan tekanan gas buang, sedangkan supercharger bekerja dengan diputar oleh mesin.
Turbocharger dianggap lebih menguntungkan karena hanya memanfaatkan gas buang. Hanya saja gas kinerjanya baru efektif pada 3000 rpm.
Lain cerita dengan supercharger, yang bisa bekerja kapanpun selama mesin hidup. Hanya saja sebagian tenaga mesin harus direlakan untuk memutarkan superchager.
3. Aluminum Engine
Kebanyakan mobil sekarang sudah menggunakan blok mesin dan kepala silinder berbahan aluminum.
Tujuannya tentu saja agar bobot mesin lebih ringan dan memiliki kemampuan melepas panas lebih baik.
Teknologi ternyata ditemukan oleh Carl Benz pada tahun 1901. Tetapi pada waktu itu prosesnya masih sangat sulit dan memakan biaya yang sangat mahal.
Oleh sebab itu, baru setelah 60 tahun kemudian teknologi ini digunakan secara masif oleh industri otomotif. Apalagi dengan pengembangan teknologi material seperti sekarang ini.
Pada bagian dinding silinder diberi lapisan yang berbeda dan melalui proses pengerasan. Karena pada dinding silinder bekerja lebih panas dan gesekan yang lebih berat.
4. DOHC
DOHC singkatan dari ((Double Overhead Camshaft).
DOHC adalah mekanisme katup yang menggunakan dua poros nok (camshaft) yang dipasang pada kepala silindernya.
Maka akan ada istilah cam in atau cam out. Maksudnya adalah poros nok untuk katup masuk dan poros nok untuk katup buang.
Jika mobil menggunakan V engine, artinya poros nok yang digunakan ada 4. Dua poros nok untuk bank 1 dan dua poros nok untuk bank 2.
Istilah bank 1 dan bank 2 ini adalah sebutan untuk deretan silinder. Yang paling gampang untuk identifikasi adalah pada bank 1 selalu terdapat silinder nomer 1.
5. Sistem injeksi bensin
Tuntutan agar mesin semakin efisien memaksa pabrikan mobil didunia untuk memikirkan solusinya. Dan pada tahun 1967 diperkenalkan teknologi sistem bahan bakar injeksi bensin.
Teknologinya terus dikembangkan hingga saat ini. Mulai dari sistem pengukuran udaranya dan pada sistem kontrol elektroniknya.
Kalau di Indonesia kita mengenalnya dengan istilah EFI (electronic fuel injection).
Pada tahun 2007, ditetapkan bahwa setiap mobil yang di produksi di Indonesia wajib menggunakan sistem injeksi bahan bakar bensin. Sehingga saat ini sudah hampir kebanyakan kendaraan menggunakan sistem bahan bakar ini.
Untuk penamaan tergantung pada masing-masing pabrik. Ada yang menyebut EFI, PGMF-i, ECI, MPI, dll
Post a Comment for "10 Temuan Terbaik Teknologi Mesin Otomotif"