Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Motor Ngebul dan Keluar Asap Putih. Jika Diabaikan Ini Akibatnya..

Lur..

Terkadang kita ketemu dengan motor ngebul dan keluar asap putih. 

Dan kebetulan pagi ini saya juga nemuin.

Agak sebel juga ketika kita dibelakang motor itu terus-terusan dan dalam posisi tidak bisa mendahului. 

Semoga jangan sampai terjadi dengan motor kita-kita ya lurr..

Karena penyebab motor ngebul dan keluar asap putih ini memerlukan perbaikan yang cukup menguras kantong. 

Kecuali hanya karena hal sepele.

Biar tidak salah tebak, silahkan pelajari dulu penyebabnya .

Apa saja penyebab motor ngebul dan keluar asap putih ?

Kita akan bahas satu persatu. 

Tetapi ingat, 

Poin-poin penyebab ini hanya berlaku pada motor 4 tak saja. Karena untuk motor 2 tak asap ngebul itu sudah biasa.

1. Ring piston aus atau macet

Penyebab utama dan paling sering motor ngebul dan keluar asap putih adalah ring piston sudah aus. Untuk kasus macet (kuncup) sepertinya dimotor cukup jarang terjadi.

Supaya tahu alasannya, kamu harus tahu fungsi ring piston.

Fungsi ring piston adalah untuk merapatkan celah antara piston dan blok silinder agar tekanan komprsi tidak bocor. Fungsi ini ditanggung oleh ring 1 dan ring 2.

Sedangkan ring piston ketiga adalah untuk pelumasan yang mencegah oli dari ruang engkol masuk keruang bakar.

Penyebab ring piston kena atau aus juga patut diperhatikan.

Bisa jadi karena kita kurang rajin dalam merawat kendaraan. Dalam hal ini adalah ganti oli yang rutin dengan oli yang benar.

Penyebab lain adalah usia kendaraan. 

Jadi silahkan lihat km motor anda apakah sudah menempuh jarak yang cukup jauh. Jika iya, cukup wajar jika ring piston aus.

Solusinya apa ?

Harus turun mesin dan ganti ring piston. Jika tidak memungkinkan kita musti ganti piston, ring piston dan oversize blok silinder.

2. Silinder blok aus

Terkadang ketika ring piston aus, blok silinder juga ikut aus.

Ya maklum saja, 

Keduanya memang bergesekan terus menerus selama mesin bekerja. Dan tentu saja beban kerjanya sama.

Jika blok silinder aus, celah dengan ring piston akan semakin besar. Akibatnya oli akan masuk keruang bakar dan ikut terbakar. Ini yang menyebabkan motor ngebul dan keluar asap putih.

Solusinya apa ?

Jika blok mesin masih bisa dioversize, maka kita harus ganti piston dan ring piston yang lebih besar. Nanti tentunya juga kapasitas mesin juga tambah besar. 

Hanya saja untuk blok mesin yang mempunyai lapisan semacam diasil, sepertinya tidak menyediakan oversize. Jadi semestinya ganti blok.

Tetapi coba konsultasikan dengan bengkel langgananmu, apakah mereka bisa memperbaikinya dengan cara lain.

3. Seal katup mengalami kebocoran

Seal katup ini mencegah oli yang melumasi kepala silinder masuk keruang bakar lewat celah batang katup.

Tetapi karena pergerakan naik turun katup yang terus menerus, seal katup bisa saja menjadi keras dan jadi kurang rapat. Hal ini menyebabkan oli akan bocor ke ruang bakar dan terbakar.
Sebenarnya kita bisa mengindikasi apakah motor ngebul dari seal katup atau yang lain.

Umumnya jika terjadi kebocoran seal katup, motor akan ngebul pada saat awal dihidupkan saja. Lama kelamaan asap putih akan menipis.

Tetapi itu juga tergantung kondisi kerusakan seal katupnya.

Solusinya

Untuk mengatasinya kita bisa mengganti paking top set. Yang didalamnya termasuk seal katup. Tetapi hati-hati, bisa jadi dijual terpisah ya.

4. Oli yang digunakan terlalu encer

Setiap motor memiliki spesifikasi kekentalan yang berbeda-beda. Dan sebaiknya kita mengikuti spek yang sudah di tentukan oleh pabrikan.

Mungkin kita tergoda dengan pelumas yang bagus dipasaran.

Akan tetapi,

Kita lupa bahwa oli tersebut belum tentu memiliki kekentalan yang sesuai dengan motor kita karena terlalu encer. 

Akibatnya, 

Pelumas lebih mudah mengalir dan menerobos ring piston menuju ruang bakar dan ikut terbakar. Karena oli terbakar, keluar asap putih dari knalpot. 

Solusinya ?

Sebaiknya baca spesifikasi tentang pelumas yang digunakan untuk motor kamu lurr. Baru setelah itu cari oli yang menurutmu bagus.

5. Knalpot ditetes dengan oli

Knalpot ditetesi dengan oli buat apa ?

Tujuannya untuk menghindari bagian dalam knalpot keropos. Sehingga ketika service tidak jarang ditetesi dengan oli.

Tetapi ga semua bengkel menerapkan hal ini. Dan mungkin saja prosedur ini sudah mulai ditinggalkan.

Jika oli yang ditetesi terlalu banyak, tentu saja asap putihnya akan cukup tebal. 

Tetapi untuk kasus ini kamu tidak perlu kuatir. Setelah oli kering, asap akan hilang dengan sendirinya

Apa yang terjadi jika motor ngebul dan keluar asap putih di abaikan ?

Ini yang sering terjadi

Walaupun sudah berasap putih, pemilik cuek dan mengabaikannya. Padahal itu bahaya lho untuk mesin. Karena lama kelamaan oli mesin akan habis

Jika oli mesin habis dan kita tidak menyadarinya, maka mesin akan kekurangan pelumasan dan lama kelamaan mesin kasar dan kerusakan makin parah.

Bisa mogok dijalan lho.

Jadi sebaiknya jangan diabaikan.

Memang sih biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan lumayan, tetapi kan sayang juga kalau kerusakannya tambah parah.

Selain itu juga pengendara dibelakang kita jadi tidak nyaman. 

Siapa sih yang betah berjalan dibelakang motor yang berasap putih. Dan juga asap oli 4 tak yang terbakar itu baunya tidak terlalu enak. Agak lain memang dengan oli samping 2 tak yang terbakar.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas, kita tahu bahwa penyebab motor ngebul dan keluar asap putih beberapa diantaranya merupakan pertanda kerusakan mesin. Dan jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah


Post a Comment for "Penyebab Motor Ngebul dan Keluar Asap Putih. Jika Diabaikan Ini Akibatnya.."