Arti BlueEFFICIENCY pada Mobil Mercedes E-Class
Septapw.com - Lurr... sudah tahu belum arti blueEfficiency pada mobil Mercedes E-Class?
Dulu..
...spw hanya menduga-duga. Pasti hubunganya ke mesin yang ramah.
Ternyata ada benarnya, tetapi lebih komplit. Pada mobil E-Class W212, ada 11 teknologi yang dipasang supaya layak disebut blueEfficiency.
Apa saja lurr?
1. Pengurangan berat
Ternyata bukan hanya kita ya lurr yang harus ngurangin berat. Tetapi mobil juga.Dan jangan kuatir, meskipun berat dikurangi tetapi bukan berarti bodinya jadi seperti kaleng kerupuk. Soalnya mobil ini menggunakan campuran material yang kuat dan ultra kuat. Kalau bahasa kerennya high strenght and ultra strenght material.
Dan yang membuat lebih ringan karena ada beberapa bagian yang menggunakan aluminium.
Dengan lebih enteng, pastinya bahan bakar jadi lebih hemat kan lurr.
2. Fuel Pump
Fuel pump-nya diatur oleh modul terpisah. Sehingga bisa mengurangi beban kelistrikan.
Kalau fuel pump dulu berputar dengan putaran yang konstan kan lurr. Kalau kelebihan maka bahan bakar akan di kembalikan ke tangki.
Dengan teknologi ini, kecepatan putaran pompa yang diatur, mau kencang atau mau pelan. Sesuai kebutuhan.
3. Rear axle
Rasio gear gardan dirubah. Agar menghemat bahan bakar
4. Underfloor paneling
Merubah desain bagian bawah agar lebih halus sehingga bisa lebih menghemat bahan bakar5. Outside mirror housing
Membuat spion luar lebih aerodinamis. Sehingga bisa lebih menghemat bahan bakar6. Ban
Menggunakan ban yang didalamnya terdapat silikat agar temperatur ban cepat meningkat pada situasi kritis. Sehingga meningkatkan daya cengkram ban.
Koefisien tahanan rolling meningkat, karena bahan-bahan yang relevan masih dipertahankan. Intinya kembali lagi ke penghematan bahan bakar.
Loh emang mercedes bikin ban?
Pesen sama pabriknya lah. Kan kalau pesennya banyak bakalan diturutin sesuai permintaan
7. ECO power steering pump
Ini mulai seru
Pompa power steeringnya ditambah sistem elektronik.
Dasarnya tetap pompa konvensional yang diputar oleh puley. Hanya saja ditambahkan kontrol elektronik yang mengatur flow rate.
Pada saat kemudi lurus, maka aliran minyaknya dikurangi menjadi sangat minim. Dan ketika kemudi dibelokkan, aliran minyak power steeringnya ditambah sesuai kebutuhan.
Dengan pengurangan aliran minyak tadi, maka akan mengurangi temperatur pompa dan juga lebih hemat bahan bakar.
8. Radiator shutter
Aliran udara ke pendinginan bisa dibuka dan ditutup.
Tujuannya untuk menjaga temperatur mesin tetap hangat, kalau diluar sedang dingin banget. Dan sekalian untuk menghangatkan ruang penumpang.
Intinya jangan sampai kehilangan panas ketika musim dingin.
Selain itu hambatan udara akan berkurang karena berkurangnya udara yang masuk kedalam ruang mesin.
Ck.. ck.. ck
Kepikiran ga lurr teknologi seperti ini?
Hanya saja, spw belum pastiin apakah mode ini benar-benar terpasang untuk pasar Indonesia
9. Alternator management
Pengisian dari alternator akan dimatikan ketika pengisian sudah cukup tinggi (80%). Ini artinya suplai kelistrikan mengandalkan baterai sampai perlu pengisian lagi.
Dan baterai akan di charge pada saat kita lepas pedal gas dan ketika mengerem. Sepertinya sekalian untuk menurunkan rpm dengan cepat ya.
Hati-hati lurr..
Jangan sampai vonis alternator rusak karena dianggap pengisian alternator kurang. Padahal memang karena fiturnya
10. Engine optimizations
Mobil menggunakan mesin yang memiliki tenaga yang besar dan bahan bakar yang irit.
Untuk mesin bensin dilengkapi dengan sistem bahan bakar injeksi langsung atau " Gasoline Direct Injection".
Dan
Pada mesin diesel menggunakan sistem bahan bakar commonrail yang dilengkapi 2-stage turbocharging. (Pada E 220 CDI dan E 250 CDI)
Catatannya :
Untuk yang mesin diesel ga masuk pasar Indonesia kok lurr.
11. Shift point display
Pada instrumen cluster, dilengkapi dengan informasi dari Engine Control Unit, kapan sebaiknya kita memindahkan gigi jika ingin lebih ekonomis.Sehingga memungkinkan untuk mengoptimalkan gaya pengemudian masing-masing.
Post a Comment for "Arti BlueEFFICIENCY pada Mobil Mercedes E-Class "