Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mempelajari Sejarah Mobil Langsung dari Museum Mercedes

Luar biasa rasanya bisa mempelajari sebagian sejarah mobil langsung dari sumbernya.

Walaupun belum semua tempat, tetapi sepertinya dengan mengunjungi tiga markas pabrikan jerman sudah cukup mewakili.

Yang pertama adalah mercedes di stutgart, berikutnya ke porsche di stutgart juga. Dan terakhir BMW di Munich/Muenchen.

Tetapi sebelum saya ceritakan hasil kunjungan kesana, saya mau obrolin sedikit tentang sejarah mobil dari wikipedia.

Sejarah Mobil

Dimulai dari tahun 1770, Joseph Cugnot menemukan kereta uap.

Simbah satu ini pastinya sangat berjasa dalam penemuan-penemuan selanjutnya. Karena dialah yang pertama kali sukses merubah gerak bolak-balik piston menjadi putaran.

Kolonel ini membuat kereta uap dengan berat 2,5 ton untuk mengangkat meriam perang.

Berat banget ya !

Top speed dari kendaraan ini adalah roda 3,6 km/jam. Cukup kencang pada waktu itu. 

Sepertinya dia juga yang tercatat pertama kali mengalami kecelakaan dalam sejarah mobil. 

Maklum saja, mobilnya masih susah dikendalikan dan juga sistem remnya belum sempurna.

wikipedia.org

Masih dari perancis, kali ini di tahun 1860, Etienne Lenoir mengembangkan mesin gas.

Dia mengembangkan mesin gas yang didesain oleh pendahulunya, Philipe LeBon. Dan kemudian memasang mesin tersebut ke mobil, dan ternyata mampu berlari dengan kecepatan 3 km/jam

wikipedia.org


1876, Nikolaus Otto mendapatkan paten mesin 4 tak pertama

Belajar dari Lenoir, mbah Otto berusaha mengembangkan mesin sejenis. 

Setelah mengalami beberapa kali kegagalan akhirnya, pada tahun 1976 dia berhasil mebuat mesin 4 tak. 

Makanya banyak yang menyebutnya sebagai mesin otto.

Kira-kira wujudnya seperti dibawah ini. Ini hanya hasil jepretan saya di museum mercedes.

sejarah mobil


Berdasarkan data yang saya dapat dari museum mercedes, mesin diatas diproduksi 1980 dan tidak digunakan pada mobil. Akan tetapi untuk mesin pabrik.

Alasanya karena berat dan putaran mesinnya rendah.

Putaran mesinnya hanya 180 per menit, dengan kapasitas silinder 2.452 cc. Dengan cc segitu, baru bisa menghasilkan 1 PS dan juga berat mesinnya sekitar 520 kg.

Jalau sekarang dengan cc segitu sudah menghasilkan berapa PS ya lur ?

1885, Karl Benz membuat mobil pertama. 


Pada tahun 1885, Karl Benz membuat mobil pertama. Dan setelah ini, perkembangan pembuatan mobil menjadi sangat pesat.
Banyak yang memuji dan menyambut baik, tetapi ada juga yang nyinyir juga lurr. 

Karena sebagian kawatir tentang potensi yang pengendara yang ugal-ugalan, ada juga  yang tidak suka suara yang bising dan juga menambah asap.

Terlepas dari itu, perkembangan mobil pada waktu itu akhirnya tetap tidak terbendung.

Dan jangan dikira perjalanannya mudah. Karena belum ada bengkel. Apalagi spare part. Karena harus kalau butuh part harus minta ke pandai besi untuk dibuatkan.

Kabarnya juga bahan bakar dijualnya di toko obat. 

Fakta yang lebih keren lagi, ternyata pengendara mobil yang pertama adalah emak-emak. Namanya Bertha Benz. 

Dia menempuh jarak lebih dari 100 km dari Mannheim dan Pforzheim Jerman pada tahun 1888. Dan itupun tanpa sepengetahuan suaminya.

Wah berapa jam ya sampai sana?

Mengingat pada waktu itu, mobil yang digunakan beroda tiga, mesin 1 silinder dan tenagannya hanya 0,75 ps dengan kecepatan maksimal 16 km/jam.

Kira-kira 7 jam lho lurr. Pegel banget kali ya rasanya. Lewat hutan, shock breaker blom bagus.

Pokoknya top deh emak-emak satu ini.

1885 Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach membuat mobil dengan kapasitas kecil


Ditempat lain, ternyata Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach membuat mobil dengan kapasitas kecil tetapi memiliki putaran tinggi.

Wah mereka berdua memang dedengkot otomotif yang luar biasa.

Berkat beliau berdua yang cukup rajin membuat mesin-mesin baru, perkembangan mobil jadi luar biasa. 




Bersambung....



Post a Comment for "Mempelajari Sejarah Mobil Langsung dari Museum Mercedes"