Lurr...
Beberapa kali mengerjakan Lexus LX 570 membuat saya penasaran dengan fitur-fitur yang dimilikinya. Tentunya fitur-fitur yang lebih dalam dan jarang diungkap oleh media.
Kira-kira apa ya teknologi yang dipasang pada mobil yang mewah dan gagah ini ?
Apakah hanya menonjolkan sportynya saja ?
Atau didukung dengan keamanan yang mumpuni ?
Apakah memang sebanding dengan harganya yang ada dikisaran 3,2 M ?
Supaya lebih akurat, saya langsung mengambil scan tools atau scanner mobil. Kebetulan memang sedang mengerjakan dan mencoba mobil ini
Berikut ini adalah fitur teknologi yang dimiliki LX 570
Paling tidak ada 36 fitur teknologi yang terbaca disini. Sebagian akan saya jelaskan langsung dan sebagian menyusul.
1. Fitur mesin 5,7 liter yang bertenaga sangat besar.
Mobil ini menggunakan mesin bensin 5,7 liter atau 5.700 liter. Mesin yang sangat besar untuk menopang body yang besar juga.
Seri mesin yang digunakan adalah 3UR-FE dengan mesin V8.
Mesin ini sudah dilengkapi dengan dual VVTi tetapi sayangnya sistem bahan bakar injeksinya belum direct injection. Jadi masing menggunakan multi point injection yang dikontrol oleh ECM.
Tetapi tidak usah kuatir, karena mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 381 hp.
2. Transmisi Otomatis yang dikontrol oleh ECT (Electronic Control Transmission)
Menuju ke sistem pemindah tenaga, mobil ini mengunakan transmisi otomatis seri AE80F dengan 8 percepatan.
Sistem perpindahannya dikontrol oleh ECT (Electronic Control Transmission).
Tentu saja hal ini akan menambah kenyamanan dan pengalaman berkendara yang luar biasa.
3. Sistem rem ABS/ VSC/TRC
Sistem rem yang digunakan sudah pasti dilengkapi ABS agar keamanan lebih terjamin.
Dan bukan hanya itu,
untuk memastikan pengereman yang baik, maka lexus menggantikan teknologi booster rem dengan elektronik.
Tekanan pengereman akan dibantu secara eletronik oleh elektrik motor sehingga kekuatan penekanan pengereman bisa lebih besar meskipun kita menggunakan tenaga yang kecil.
4. Electric parking brake
Fitur lain dari sistem pengeremannya adalah rem parkir elektronik.
Dan sepertinya ada fitur Autohold. Yaitu fitur anti merosot ketika di tanjakan.
Tetapi ngomong-ngomong teknologi ini dinamain apa ya oleh Toyota?
Ada yang tahu lurr ?
5. Radar cruise 1
Sistem ini bisa mengurangi kecepatan kendaraan otomatis kalau didepan kita ada mobil yang lebih lambat lurr.. Tujuannya biar tidak nabrak.
Pada beberapa titik mobil dipasang kamera dan sensor radar untuk membaca jarak dengan mobil didepannya. Dan sistem ini akan mengirim data ke ABS untuk mengoperasikan rem sampai kecepatan mobil berkurang dan terhindar dari tabrakan.
6. PPS
Semoga di sistem ini saya tidak menyebarkan hoax hehe...
Ternyata PPS ini adalah singkatan dari Progressive Power Steering. Sistem ini akan mengambil data kecepatan kendaraan dari ABS dan mengatur berat ringannya kemudi.
Ketika mobil berjalan kencang, steer akan dibuat berat dan ketika mobil berhenti saat parkir, kemudi akan akan lebih enteng.
Caranya ?
Umumnya pada pompa atau rumah steer akan ditambahkan selenoid untuk membuka dan menutup saluran. Saluran ini akan mengembalikan minyak power steering ke reservoir. Terutama ketika modul PPS mendeteksi mobil sedang ngebut (kecepatan tinggi)
7. VGRS
Sistem ini masih ada hubungannya dengan kemudi. Singkatan dari VGRS adalah Variable Sear Ratio Steering.
Di mobil ini terdapat motor di poros kemudi yang mampu menambah atau mengurangi putaran poros.
Jadi kalau kecepatan rendah, putaran kemudi akan dibuat lebih sedikit sedangkan pada kecepatan tinggi kita perlu memutar kemudi lebih banyak untuk membelokkan kemudi.
8. Tilt & Telescopic
Sudah tahu kan fitur ini?
Steer bisa naik dan turun, maju dqn mundur secara elektronik. Dan hebatnya bisa di set dan simpan.
Ketika kunci kontak on, maka kursi dan steer akan mengikuti memori yang sudah disetting. Demikian juga ketika off maka posisinya akan kembali ke semua.
9. SRS
Untuk meningkatkan keamanan ketika dikendarai, mobil ini dilengkapi dengan airbag lurr..
Dan kalau saya hitung ada 10 titik airbag mulai dari depan ke belakang.
Dan bisa jadi lebih dari itu. Soalnya saya lupa ga lihat apakah ada knee airbag atau tidak.
10. AC yang menjaga mobil tetap adem
AC tentunya sudah menjadi perlengkapan yang standar bagi mobil.
Ketika saya mencobanya, ternyata AC masih singgle zone saja. Soalnya ketika saya pencet-pencet temperatur kanan, yang kiri juga ikut berubah.
Untuk bagian belakang hanya menyediakan hawa dari tengah saja. Tetapi bisa jadi diletakkan di bagasi (saya musti cek ulang).
11. FWD
Fitur ini adalah pengatur penggerak 4 roda.
Jika diperhatikan, dikonsul tengah disediakan switch pilihan ini yang bisa kita towel-towel saja.
12. AHC
AHC singkatan dari Active Height Control lurr.
Teknologi ini yang mendukum sistem suspensi LX570 menjadi lebih nyaman.
13. Combination meter
Combination meter sudah menggunakan versi digital, hanya saja masih menggunakan jarum fisik bukan hanya sekedar screen.
14. AFS lampu yang bisa mengangguk.
AFS adalah singkatan dari Adaptive Frontlight System.
Dengan kata lain memang lampu ini bisa beradaptasi dengan ketinggian kendaraan. Kalau saya perhatikan, terdapat motor di headlamp.
Hanya saja pergerakan motornya tidak terlalu kentara seperti pada lexus lama, mungkin karena lampunya sudah menggunakan LED.
15. Sliding Roof
Sepertinya kalau mobil MM man memang harus ada fitur sliding roof. Biar bisa buka atap walaupun sedikit.
Awas hujan dan debu !
16. Parking Assist Monitor
Sistem ini yang akan membantu kita lebih nyamam saat parkir lurr. Karena dia akan memberi peringatan ke kita ketika ada sesuatu di sekitar mobil.
17. Back Door
Teknologi ini yang mengatur pintu bagasi agar bisa dibuka secara elektrik.
Kita bisa buka dari switch yang ada didekat plat nomer belakang dan menutup tinggal pencet switchnya saja.
Atau kita bisa membuka dari tempat pengemudi. Switchnya ada di sebelah kanan roda kemudi. Atau bisa juga kita membuka dan menutupnya dari remote kunci.
18. D-Door
Ini adalah sistem pengatur untuk pintu sebelah kanan yang meliputi power window dan door lock pada bagian pengemudi
19. P- Door
Ini adalah sistem pengatur untuk pintu sebelah kanan yang meliputi power window dan door lock yang ada di penumpang depan
20. RL-Door
Ini adalah sistem pengatur untuk pintu sebelah kanan yang meliputi power window dan door lock untuk belakan kiri
21. RR- Door
Ini adalah sistem pengatur untuk pintu sebelah kanan yang meliputi power window dan door lock untuk belakang kanan.
22. Driver Seat
Fitur ini adalah untuk mengatur tempat duduk pengemudi,
Kita bisa mengatur jarak kursi dengan steer yang paling nyaman dan bisa menyimpannya. Jadi sewaktu-waktu kita mengemudi, tinggal pencet saja pengaturan yang biasa digunakan.
Sepertinya ada 3 pengaturan memori kursi disini. Mungkin cukup buat sopir, pa boss dan bu boss atau siapa saja.
23. Passanger seat
Sistem ini untuk mengatur tempat duduk sebelah kiri atau penumpang depan. Fiturnya hampir mirip dengan sebelah kanan.
Untuk beberapa fitur dibawah ini belum bisa saya jelaskan, karena perlu data lebih lanjut.
24. Head up Display
25. Central Gateway
26. Master Switch
27. Mirrol L
28. Mirror R
29. Entry & Start
30. Power Source
31. Starting Control
32. Blind Spot Monitor
33. Clearance Sonar
34. Navigation System
35. Main body
Review exterior dan interior Lexus LX 570.
Sebenarnya saya tidak terlalu ahli dalam review body eksterior lurr.. Dan saya rasa sudah banyak media online yang membahasnya.
Tetapi mungkin tidak ada salahnya mencoba.
Sisi depan yang gagah
Desain pada bagian depan memang gagah karena ciri khas spindle grille yang bernuansa modern. Coba perhatikan body yang besar, dan lekukan-lekukannya yang tajam.
Kesan modern sagat nyata dengan bentuk prominent spindle grill dan juga semakin elegan karena ada logo lexus pada bagian tengahnya.
Bukan hanya itu, bentuk lampu yang LED yang terkesan sipit dan tajam menambah kesan ini.
Sisi Samping
Jika dilihat dari samping, mobil ini memiliki handle bar modern. Pada bagian body juga memiliki lekukan yang memanjang dari pintu sampai belakang.
Untuk velg standar, mobil ini ditopang dengan velg alloy ukuran 21 inci dan menggunakan ban 285/50. Tentunya cengkraman ban akan semakin kuat dengan adanya dukungan suspensi AHC yang sempat saya singgung diatas.
Pada bagian rem sudah menggunakan pengereman cakram untuk keempat rodanya dan dilengkapi dengan ABS dan BA untuk memaksimalkan keselamatan saat berkendara.
Desain sisi belakang
Jika dilihat pada bagian belakang, desainnya tidak kalah gagah. Untuk menambah kesan tersebut, dipasangkan Rear Combination Lamp LED dan lampu sein yang cantik. Bahasa kerennya turn signal illumination.
Desain interior.
Ketika menaiki mobil ini, saya merasa terbuai dengan kemewahan yang ada. Baik ketika duduk didepan maupun dibelakang.
Jok kulit yang lembut berbahan kulit asli dan beberapa sentuhan kayu mewah pada bagian trim dan dashboardnya membuatnya lebih elegan.
Belum lagi kita akan dimanjakan dengan fasilitas infotainment yang mewah seperti layar touch screen 12,3 inci.
Untuk audionya pastinya jernih karena menggunakan teknologi Mark Levinson Audio System dengan 19 speaker.
Saya juga bisa merasakan kabin yang luas dan nyaman. Lihat saja untuk mobil sebesar ini tetapi dirancang untuk 6 penumpang saja.
Post a Comment for "Bedah Fitur Lexus LX 570 dengan Scan Tools. Mewah, Gagah dan Aman."